Tim Kadin Indonesia saat mengunjungi pengguna aplikasi Markaz UMKM di Wonosobo..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ronaldo Bramantyo

Kadin Indonesia Dorong Pelaku UMKM Melek Digital

Sabtu, 27 Mei 2023 - 13:32 WIB

Wonosobo, tvOnenews.com – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Wonosobo, lebih melek digital dalam meningkatkan pemasaran produk. 

Dalam memasarkan produknya, saat ini pelaku UMKM di Wonosobo bisa menggunakan aplikasi pemasaran digital yakni “Markaz UMKM” yang diciptakan oleh Kadin Wonosobo.

“Saya mengajak seluruh pelaku usaha UMKM untuk melihat digitalisasi bukan sebagai tantangan, melainkan sebagai peluang untuk tumbuh dan berkembang," ujar Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsyad Rasyid, saat menghadiri Kadin Impact Award di Wonosobo, Sabtu (27/05/2023).

Ditambahkan, Kadin Indonesia menyambut baik program Kadin Wonosobo dalam mentransformasi UMKM secara digital. Transformasi menjadi kunci keberlangsungan UMKM dalam menghadapi persaingan global dan menjadi langkah naik kelas.

“UMKM memiliki pengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi kita saat ini. Karena itu saya menyambut baik upaya Kadin Wonosobo yang memiliki program untuk mendigitalisasi UMKM,” papar dia.

Sementara itu, menurut Ketua Kadin Wonosobo, Dwi Sukatman, program tersebut dijalankan karena melihat masih minimnya jumlah UMKM memanfaatkan digital marketing. Oleh karena itu, pihaknya meluncurkan Gerakan Digitalisasi UMKM melalui aplikasi Markaz UMKM.

"Gerakan digitalisasi UMKM di Wonosobo ini didukung oleh kehadiran aplikasi bernama Markaz UMKM. Aplikasi ini hadir membantu UMKM untuk meningkatkan penjualannya secara daring," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral