Jemaah calon haji asal Gunungkidul, DIY mengenakan blangkon saat tiba di Embarkasi Solo, Jawa Tengah, Rabu (7/6/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Agus Saptono

Kenalkan Budaya Jawa, Ratusan Jemaah Calon Haji asal Gunungkidul Kenakan Blangkon ke Tanah Suci

Rabu, 7 Juni 2023 - 20:49 WIB

Boyolali, tvOnenews.com - Jemaah calon haji terus berdatangan di Asrama Haji Donohudan Boyolali atau Embarkasi Solo, Jawa Tengah, Rabu (7/6/2023). Dari sekian banyak jemaah, ada yang menarik perhatian, yakni rombongan jemaah asal Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Mayoritas jemaah laki-laki mengenakan blangkon. Sebagai informasi, blangkon merupakan penutup kepala yang terbuat dari kain batik sebagai pelengkap pakaian tradisional Jawa. 

Salah Satu jemaah calon haji, Rabiyo (70), asal Gunungkidul, Yogyakarta, mengaku berangkat haji sengaja mengenakan blangkon sebagai ciri khas rombongan dari Yogyakarta.

"Saya sering memakai blangkon di rumah jadi ini berangkat haji juga saya pakai agar tahu kalau dari Yogya. Selain itu juga biar jemaah dari negara lain di sana (tanah suci) tahu blangkon," ujarnya, Rabu (7/6/2023).

Rabiyo berangkat haji tahun ini bersama sang istri dan masuk dalam kloter 47 SOC. Ia pun bersyukur bisa berangkat ke tanah suci.

"Alhamdulillah senang sekali bisa berangkat haji. Ini sama istri. Baru sekali ini ke tanah suci. Semoga mabrur," ujarnya.

Tak hanya Rabiyo, jemaah calon haji lainnya juga mengenakan blangkon, seperti halnya Kus Margana Djiwo Pawiro (73) dari kloter 45 SOC asal Bantul, Yogyakarta.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral