Kontes kambing jenis peranaan etawa digelar pada Minggu (11/6/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Agung Wibowo

Jelang Idul Adha, Polisi RW di Blora Gelar Kontes Kambing Etawa

Minggu, 11 Juni 2023 - 14:40 WIB

Blora, tvOnenews.com - Jelang Idul Adha, ratusan kambing jenis peranakan etawa (PE) ras Kaligesing mengikuti kontes "Nyancang Bareng" yang bertempat di kompleks Pasar Hewan Blora, Minggu (11/6/2023).

Kontes kambing peranakan etawa yang dilakukan dalam waktu sehari tersebut diikuti kurang lebih tiga ratus ekor kambing milik warga Kabupaten Blora Jawa Tengah.

Menurut Panitia, Bripka Puguh Agung Dwi Pambuditomo,  kontes kambing etawa ras Kaligesing ini merupakan yang pertama digelar di Kabupaten Blora.

"Ini merupakan acara perdana kami. Sejarah baru di wilayah Blora, kontes kambing PE Kaligesing,"kata Puguh yang juga merupakan seorang Polisi RW

Dirinya menjelaskan bahwa kontes ini berawal dari usulan dan masukan dari beberapa peternak kambing yang ada di Blora.

"Ini berawal kami mendapat usul dan saran dari para peternak. Kebetulan saya sebagai polisi RW menerima aspirasi mereka dan bergerak bersama gotong royong yang akhirnya kita adakan acara ini secara gratis," jelasnya. 

Kelas yang dilombakan dalam kontes ini terbagi menjadi enam, yaitu  kelas jantan poel, betina poel, doro, cemoko, dan cempe jantan betina. Kriteria penilaian terdiri dari postur tubuh, panjang telinga, warna bulu, bentuk kepala, ekor, leher, kaki dan tanduk.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral