Tahu terbesar di Salatiga habiskan 300 kilogram kedelai..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Habiskan 300 Kilogram Kedelai, Perajin di Salatiga buat Tahu Terbesar di Indonesia

Senin, 24 Juli 2023 - 10:15 WIB

Salatiga, tvOnenews.com - Tahu yang merupakan makanan sehari hari masyarakat Indonesia ternyata juga bisa dibuat dalam versi super besar. Bahkan tahu yang dibuat oleh 15 pengrajin tahu asal Salatiga berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebagai tahu terbesar yang tercatat di Muri.

Tahu dengan lebar satu meter dan tinggi atau ketebalan mencapai 76 centimeter tersebut dibuat selama 3 hari oleh para pengrajin tahu asal Salatiga, dan menggunakan kedelai kurang lebih mencapai 300 kilogram.

Inisiasi pembuatan tahu terbesar ini datang dari Primer Koperasi Produsen Tahu dan Tempe Indonesia (Primkopti) Kota Salatiga, Jawa Tengah. Alasannya cukup sederhana yaitu untuk membangkitkan lagi semangat para pengrajin tahu yamg mulai turun akibat tingginya harga kedelai saat ini.

Ketua Primkopti Salatiga, Sutrisno Supriantoro mengatakan, butuh waktu dan alat khusus dalam mencetak tahu sebesar ini. Namun dengan kerjasama yang baik dan pengalaman dalam membuat tahu yang mumpuni, akhirnya jadilah tahu terbesar yang juga bisa dikonsumsi.

“Ini tahu terbesar yang kami buat juga sebagai hadiah bagi hari jadi Kota Salatiga ke-1273. Dan ini cukup sulit membuatnya, sebelumnya kami melakukan tiga kali uji coba (pembuatan tahu terbesar). Ternyata untuk membuat (tahu terbesar) membukanya harus lama, yaitu tiga hari,” jelas Sutrisno, Senin (24/7/2023).

Tahu terbesar buatan warga Salatiga ini tercatat Rekor Muri dengan nomor 11.075 untuk kategori tahu terbesar. 

Tahu terbesar ini juga diapresiasi oleh Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UMK), Ahmad Zabadi. Ia mengatakan bahwa pemecahan rekor ini sebagai bentuk para perajin yang bertahan dalam gempuran harga kedelai yang tinggi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral