Ustad Abu Bakar Basyir, saat mengikuti upacara peringatan HUT RI di Ponpes Al Mukmin, Ngruki, Kamis (17/8/2023).
Sumber :
  • Tim tvOne - Effendi Rois

Ustaz Abu Bakar Ba'asyir Ikut Upacara HUT ke 78 RI di Ponpes Al Mukmin Ngruki, Sampaikan Pesan Persatuan

Kamis, 17 Agustus 2023 - 17:28 WIB

Solo, tvOnenews.com - Upacara HUT ke 78 RI yang digelar di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, berlangsung dengan khidmad. Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) , Abu Bakar Ba'asyir (ABB) turut hadir mengikuti upacara tersebut.

Ustad Abu Bakar Ba'asyir terlihat duduk di barisan depan bersama sejumlah tamu undangan VVIP, dari perwakilan BNPT, Densus 88, TNI, dan Polri. 

Meski berjalan dipapah dan menggunakan tongkat, Ustaz ABB masih terlihat semangat mengikuti jalannya upacara. 

KH Farid Ma'ruf, Ketua yayasan Al Mukmin, selaku inspektur upacara dalam sambutannya menyampaikan pesan, khusus tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

"Yang penting persatuan kita ini, meski sekarang ini tahun politik, harus kita hilangkan perbedaan-perbedaan yang memecah persatuan. Indonesia tidak akan bisa merdeka kalau tidak bersatu, dan tidak akan maju kalau tidak bersatu," kata Farid.

Sementara deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Nissan Setiadi mengatakan, para santri, guru dan staf pondok, semua sangat luar biasa mengikuti upacara. Dia juga mengapresiasi KH Farid Ma'ruf yang begitu semangat dan sangat lantang sebagai inspektur upacara, meski usianya sudah 83 tahun.

"Inspektur upacara Ustadz Farid Ma'ruf sangat lantang dan luar biasa. Tidak ada kesalahan. Harusnya ini masuk rekor Muri, inspektur tertua sepanjang sejarah Indonesia," kata Setiadi dihadapan awak media.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral