kegiatan bersih-bersih di pesisir Pantai Tambakrejo yang berada di Kampung Nelayan, Tanjung Mas, Semarang Utara, Sabtu (2/9/2023)..
Sumber :
  • tim tvOne - Didit Cordiaz

Pemkot Semarang Bersih-Bersih Sampah di Pesisir Pantai Tambakrejo, Ribuan Orang Berpartisipasi

Minggu, 3 September 2023 - 01:51 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggandeng Pandawara Group melakukan bersih-bersih di pesisir pantai Tambakrejo yang berada di Kampung Nelayan, Tanjung Mas, Semarang Utara, Sabtu (2/9/2023). 

Ribuan orang dari sejumlah komunitas pencinta lingkungan serta pelajar hingga mahasiswa juga ikut berpartisipasi membersihkan alam dari sampah. Di kawasan tersebut memang banyak ditemui sampah yang berserakan, mulai dari sampah organik seperti kayu dan ranting hingga non-organik seperti plastik dan gabus sintetis.

Ribuan orang pun nampak berbondong-bondong melakukan pembersihan di sepanjang jalur pesisir pantai. Tak butuh waktu lama, lokasi itu sudah enak untuk dipandang. 

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengakui jika aksi bersih-bersih ini sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup masyarakat. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat bisa lebih sadar diri terkait dengan pengelolaan sampah.

“Kadang-kadang, kita ini belum merasakan bahaya jika sampah menumpuk dan menutupi drainase serta saluran air lainnya. Sekarang belum merasa karena belum hujan, tapi kalau nanti musim hujan baru merasakan dan kembali lagi nanti menyalahkan pemerintah. Padahal, kita ini tidak bosan-bosan mengingatkan untuk membersihkan sampah,” ujarnya di sela-sela kegiatan. 

Ita menambahkan, pihaknya akan mengintensifkan program-program terkait  pemilahan sampah. Dirinya mengakui hal tersebut bisa mencegah dampak bahaya besar dari sampah jika dilakukan dengan konsisten dan disiplin.

“Kami juga berkewajiban untuk meminimalisir sampah sehingga nanti saya buat program dan saya minta DLH untuk membuat program lomba khusus pilah-pilah sampah,” jelasnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral