Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Drone oleh jajaran Ditlantas Polda Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Masyarakat Masih Abai Tertib Berlalu Lintas, ETLE Drone Tangkap 15 Pelanggar Dalam 5 Menit

Rabu, 13 September 2023 - 15:58 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah masih perlu ditingkatkan. Hal ini terlihat dari pelanggaran lalu lintas yang masih tinggi dalam 9 hari pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2023.

Dalam sosialisasi Penggunaan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Drone oleh jajaran Ditlantas Polda Jawa Tengah di wilayah hukum Polres Semarang.

Tercatat 15 pelanggar ditangkap oleh kamera drone hanya dalam 5 menit terbang di simpang empat traffic light ruas jalan Diponegoro Ungaran, atau tepatnya di persimpangan Ungaran Square.

Kanit Seleksi Pelanggaran (Sigar) Subdit Penegakan Hukum (Penegakan Hukum) Ditlantas Polda Jawa Tengah AKP Agusta Ryan Mulyanto mengatakan, rata rata pelanggaran lalu lintas ini didominasi oleh pelanggaran kasat mata.

" Mayoritas adalah pelanggaran kasat mata, seperti tidak mengenakan sabuk keselamatan, tidak memakai helm, perlengkapan kendaraan tidak sesuai standar, dan muatan berlebih," jelasnya, Rabu (13/9/2023).

Dikatakan lebih lanjut oleh Ryan, penggunaan ETLE Drone ini sebagai upaya penindakan pelanggaran lalu lintas yang tidak tertangani oleh ETLE Statis. Kelebihannya, ETLE Drone ini mampu terbang dengan ketinggian hingga 20 meter dan bisa berputar 360 derajat.

" Daya jangkaunya juga mencapai radius 3 kilometer, sehingga setiap pelanggaran lalu lintas bisa terekam," imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral