Hutan Gunung Merbabu di Boyolali Jawa Tengah yang terbakar pada kamis sore (21/9/2023). (Dok. Relawan Rempala)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Agus Saptono

Hutan di Kawasan Lereng Gunung Merbabu Boyolali Terbakar

Jumat, 22 September 2023 - 11:49 WIB

Boyolali, tvOnenews.com - Kebakaran hutan melanda lereng Gunung Merbabu, tepatnya di Desa Ngagrong, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (21/9/2023).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali Suratno menjelaskan, kebakaran terindentifikasi pada Kamis sore sekitar jam 15.00 WIB. 

Masyarakat yang berada di sekitar lokasi melihat titik api dan kemudian menyampaikan informasi tersebut ke Basecamp Rempala di Desa Ngagrong yang berjarak sekitar 5 kilometer dari titik kebakaran.

"Dari perkembangan yang ada kami dari BPBD Kabupaten Boyolali beserta rekan-rekan untuk menyiapkan logistik seperlunya untuk kepentingan personil yang sejak tadi berupaya melakukan pemadaman," kata Suratno.

Suratno mengatakan, berdasarkan hasil rapat BPBD bersama Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), TNI, Polri, dan relawan, upaya pemadaman untuk malam hari dihentikan sementara.

"Pada malam hari ini api masih menyala di titik-titik tertentu dan ini tergantung pada angin. Kita berdoa saja agar kebakaran di lereng Gunung Merbabu ini segera padam," ujarnya.

Suratno mengatakan, sejauh ini kebakaran hutan telah mencapai seluas 5 hektar. Selanjutnya, upaya pemadaman akan kembali dilakukan pada Jumat pagi (22/9/2023) dengan menerjunkan tim gabungan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral