Suasana kirab budaya dalam rangka mengenang Ki Ageng Singo Boyolali, Minggu (24/9/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Agus Saptono

Warga Nglembu Boyolali Gelar Kirab Budaya Memperingati Haul Ki Ageng Singoprono

Senin, 25 September 2023 - 10:05 WIB

Boyolali, tvOnenews.com - Ratusan warga mengikuti kirab budaya dalam rangka Haul Ki Ageng Singoprono di Desa Nglembu, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (24/9/2023).

Barisan kirab diawali oleh pasukan berkuda, dilanjutkan pasukan keraton dan pembawa pusaka tombak, dan dibelakangnya pembawa gunungan hasil bumi dan kue apem, di susul barisan kereta kuda dan juga drum band serta berbagai kesenian.

Sepanjang jalan yang dilalui kirab tampak warga antisias menyaksikan kirab tersebut, dari anak anak hingga orang tua.

Kepala Desa Nglembu, Sutoto menjelaskan, kegiatan kirab budaya ini merupakan kerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali bersama Pemerintah Desa Nglembu. 

Kirab diikuti sekitar 600 orang terdiri dari 25 kelompok, Kirab berangkat dari Balai Desa Nglembu hingga Gunung Tugel tempat Ki Ageng Singoprono dimakamkan yang jaraknya 1 kilo meter.

Sutoto mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat karena mempererat silaturahmi dan menggerakkan ekonomi masyarakat.

"Harapannya tentu saja masyarakat damai, aman sejahtera, sentosa, dengan adanya silaturahmi seperti ini, bergembira bersama juga akan menimbulkan semangat untuk kedepan lebih maju lagi," ujar Sutoto, Minggu (24/9/2023).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:18
03:32
03:17
02:29
01:25
02:52
Viral