Kebakaran Gunung Lawu.
Sumber :
  • Tim tvOne/Miftahul Ervan

Kebakaran di Gunung Lawu, Dua Titik Api Besar Masih Terlihat

Selasa, 3 Oktober 2023 - 12:49 WIB

Ngawi, tvOnenews.com - Sesuai rencana di hari ke lima upaya pemadaman kebakaran hutan lindung Gunung Lawu di Ngawi hari ini, Selasa (3/10/2023) akan dilakukan dengan cara Water Bombing menggunakan helikopter milik BNPB Propinsi Jatim.

Pesawat Water Bombing tersebut akan mengambil ribuan liter air dari Telaga Sarangan yang ada di Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan dan di jatuhkan pada titik-titik kebakaran yang sulit terjangkau oleh tim relawan. 

Ketua satgas pemadaman karhutla Gunung Lawu di Kabupaten Ngawi, Letkol Arm Didik Kurniawan yang sekaligus sebagai Komandan Kodim 0805 Ngawi mengatakan, operasi pemadaman dengan Water Bombing ini adalah upaya terakhir yang dilakukan agar kebakaran hutan lindung di Gunung Lawu bisa segera teratasi. 

“Dari pantauan udara kemarin, masih ada 2 titik api besar di wilayah Kendal dan Sine, rencana hari ini pemadaman akan dilakukan dengan water bombing dengan helikopter.” Ujar Didik.

Didik mengatakan dua titik api sekala besar tersebut sulit terjangkau tim relawan, selain itu apinya terus mengarah ke Magetan dan yang Sine mengarah ke jalur pendakian di Ceto Karanganyar Jawa Tengah.

Sesuai assessment yang dilakukan Tim satgas dan BPBD propinsi Jawa Timur, untuk pengambilan air sebagai penunjang operasi water bombing ini diambil dari Telaga Sarangan yang ada di Kecamatan Plaosan Magetan. 

“Helikopter ini bisa membawa 1000 liter air sekali terbang. Jika cuaca mendukung bisa dilakukan 50 kali terbang (operasi) dalam sehari.” Imbuhnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:25
01:19
00:55
25:37
01:06
01:48
Viral