Kegiatan Festival Dalang Bocah tahun 2022. (Dok. Sanggar SKWL)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Agus Saptono

Inilah Jadwal Pendaftaran Festival Dalang Bocah di Boyolali dalam Peringatan Hari Wayang Sedunia

Selasa, 17 Oktober 2023 - 11:03 WIB

Boyolali, tvOnenews.com – Sanggar Sedulur Keluarga Wartoyo Langgeng (SKWL) Nusantara bekerjasama dengan Dalang Wartoyo wonge Ganjar Pranowo (DWGP) dan Forum Komunikasi Seniman Dalang Indonesia (FKSDI) menggelar Festival Dalang Bocah ke 2 tahun 2023. 

Kegiatan yang akan diselenggarakan di sanggar SKWL Nusantara, Tegal Giri, Nogosari, Boyolali, Jawa Tengah pada tanggal 5, 6, 7 November 2023 ini dalam rangka memperingati Hari Wayang Dunia yang diperingati setiap 7 November.

Dalam acara tersebut peserta tidak dipungut atau gratis, peserta bebas dan umur maksimal 14 tahun, peserta membawakan wayang purwa gaya Surakarta (full Pathet), dan mengisi formulir pendaftaran yang disediakan panitia, pendaftaran di tutup tanggal 20 Oktober.

Pantia acara sekaligus pemilik sanggar SKWL Nusantara, Ki Gondo Wartoyo menjelaskan, melalui kegiatan festival dalang bocah, diharapkan generasi muda akan menyukai budaya tradisional warisan leluhur ini. Selain itu bisa lebih bersemangat dan tekun belajar menjadi dalang wayang kulit.

"Kesenian wayang kulit, merupakan salah satu potensi budaya bangsa berkelas di Indonesia. Wayang kulit sesungguhnya juga memiliki makna dan nilai seni tinggi, " katanya, saat ditemui di sanggar SKWL Nusantara, Senin (16/10/2023).

Lebih lanjut Wartoyo mengatakan, Festival Dalang Bocah ini untuk umum dengan kategori peserta yakni usia 14 tahun ke bawah.

"Ini kita woro-woronya lewat online. Jadi lewat Facebook, IG, TikTok, Twitter. Ini sudah banyak yang mendaftar ada sekitar 30-an dan kita gak ada batasan berapapun yang mau ikut," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral