Marak aksi pencurian kabel listrik milik PLN, akhirnya dilaporkan ke Polres Kebumen, Kamis (9/11/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Wahyu Kurniawan

Maraknya Aksi Pencurian Kabel Listrik di Kebumen, Pihak PLN Kebumen Lapor ke Polisi

Kamis, 9 November 2023 - 17:57 WIB

Kebumen, tvOnenews.com - Maraknya aksi pencurian kabel tembaga listrik milik PLN terjadi di Kebumen, Jawa Tengah. Akibat kejadian ribuan pelanggan terdampak listrik padam. Setidaknya dilaporkan terdapat 16 lokas kejadian di wilayah Kabupaten Kebumen sepanjang September sampai dengan November 2023.

Pencurian ini sangat merugikan bagi masyarakat yaitu padamnya listrik dan membahayakan keselamatan warga sekitar. Atas kejadian ini pihak ULP PLN Kebumen dan Gombong melaporkan pencurian ini ke Polres Kebumen.

"Akhirnya, kami resmi melaporkan aksi pencurian ini ke polisi. Pencurian kabel tembaga listrik ini tidak hanya merugikan PLN, namun juga masyarakat. Listrik menjadi padam dan juga menyebabkan bahaya kelistrikan untuk masyarakat di sekitar lokasi kejadian," jelas Manager PLN Kebumen Muhdam Azhar, Kamis (9/11/2023).

Muhdam menambahkan, jenis kabel yang dicuri adalah NYY 4X150 LVCB Trafo 3 Phasa di 16 lokasi berbeda. 11 lokasi ada di empat kecamatan meliputi Kecamatan Pejagoan, Adimulyo, Sruweng, Kebumen, dan Alian, masuk ULP PLN Kebumen. Tiga Kecamatan Gombong dan Sempor, Buayan wilayah ULP PLN Gombong.

Untuk itu, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak berwajib baik kepolisian, kodim, hingga para tokoh masyarakat. Termasuk sudah melakukan investigasi awal di sekitar lokasi pencurian dengan harapan menemukan CCTV untuk melakukan pelacakan.

"Untuk menjaga dan mengantisipasi agar kejadian tidak terulang kembali, kami berharap dukungan seluruh elemen masyarakat untuk saling menjaga dan berkoordinasi dengan PLN serta pihak berwajib apabila menemukan kegiatan yang mencurigakan di sekitar jaringan PLN," lanjutnya.

Menurut Muhdam, jika masyarakat melihat oknum yang bekerja di sekitar gardu trafo apalagi tanpa menggunakan atribut dan identitas resmi PLN serta surat tugas untuk segera melaporkannya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral