Warga Desa Mergosari, Wonosobo bantu rehab 4 RTLH dengan donasi uang koin..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ronaldo Bramantyo

Kumpulkan Donasi dari Uang Koin, Warga di Wonosobo Mampu Rehabilitasi 4 Rumah Tidak Layak Huni

Selasa, 14 November 2023 - 09:52 WIB

Wonosobo, tvOnenews.com - Kumpulkan koin memakai kaleng, warga Desa Mergosari, Kecamatan Sukoharjo, Wonosobo, Jawa Tengah berhasil merehabilitasi 4 rumah tidak layak huni dan turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Program mandiri dari warga Desa Mergosari yang bernama Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) atau BAZDES ini telah berjalan kurang lebih 6 bulan yang dikelola oleh warga dan tokoh masyarakat desa.

Menurut Ketua UPZ/BAZDES Mergosari, Mutholib, Proses pengumpulan koin dilakukan dengan kaleng yang ditempatkan pada setiap rumah di Desa Mergosari.

"Pengumpulannya pakai kaleng disetiap rumah warga dan diambil sebulan sekali setiap tanggal 25," ungkapnya saat pembongkaran salah rumah warga Desa Mergosari, Selasa (14/10/23).

Program Koin UPZ/BAZDES Mergosari juga dilakukan secara transparan. Setiap bulannya hasil dana yang didapat akan ditampilkan secara lengkap perolehannya di setiap dusun. Sehingga semua warga setempat pun dapat melihat secara detail.

Sementara itu sasaran pentasyarufan atau penerima manfaat didasarkan diskusi para musyawarah tokoh masyarakat desa setempat kepada penerima yang benar-benar membutuhkan.

"Sasaran pentasyarufan untuk membantu rumah tidak layak huni, bantuan pendidikan, bantuan usaha atau UMKM, dan membantu orang yang sakit," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral