BPBD Kabupaten Semarang bersama warga evakuasi material longsor akibat banjir bandang..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Hujan Deras di Puncak Merbabu Sebabkan Banjir Bandang di Dua Desa Lereng Merbabu

Jumat, 24 November 2023 - 22:37 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Hujan deras di puncak Gunung Merbabu pada Jumat (24/11/2023) sore, menyebabkan banjir bandang serta tanah longsor melanda dua desa di lereng Gunung Merbabu, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Dua desa terdampak langsung banjir bandang dan tanah longsor yaitu desa Batur dan Tajuk, Kecamatan Getasa. Dari video yamg direkam warga dan beredar di media sosial, tampak aliran air yang deras membanjiri lahan serta jalan pemukiman warga di sejumlah titik.

Akibat kejadian tersebut, sejumlah titik jalan antar desa terputus sementara karena jalan tertutup material longsor.

BPBD Kabupaten Semarang beserta warga hingga Jumat (24/11/2023) sekitar pukul 20.00 WIB, berupaya membersihkan material longsoran dengan menggunakan alat berat serta dilakukan secara manual dengan menggunakan cangkul.

Kepala BPBD Kabupaten Semarang, Alexander Gunawan mengatakan akses jalan warga tertutup material tanah dan benatuan di sejumlah titik.

“ Hingga malam ini(Jumat) evakuasi material lonhsor terus kita lakukan. Kita kerahkan Sebuah ekskavator untuk membersihkan bebatuan material longsoran yang menimpa jalan di beberapa titik," ujar Alex saat dijumpai dilokasi longsor pada Jumat (24/11/2023).

Kurangnya penerangan serta medan yang curam jadi kendala proses pembersihan dan penanganan lokasi-lokasi terdampak.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:43
02:18
03:32
03:17
02:29
01:25
Viral