Pemkab Semarang berikan undian berhadian berupa 9 sepeda motor kepada wajib pajak..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Patuh Bayar PBB, Pemkab Semarang Beri 9 Sepeda Motor bagi Warga Taat Pajak

Selasa, 5 Desember 2023 - 15:56 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Memasuki penghujung tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah mengundi berbagai hadiah termasuk 9 sepeda motor kepada wajib Pajak (WP) yang tertib menunaikan kewajibannya.

Hadiah ini diundi usai selesainya batas waktu pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

Kepala Badan Keuangan Daerah ( BKUD ) Kabupaten Semarang, Rudibdo mengatakan, pemberian undian berhadiah ini merupakan salah satu terobosan inovasi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah melalui Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

" Inovasi kami untuk peningkatan pendapatan daerah ada beberapa. Diantaranya pemberian keringanan dan relaksasi jatuh tempo pembayaran PBB melalui surat keputusan Bupati, dan adanya undian berhadiah yang diundi pada akhir bulan September lalu," terang Rudibdo saat dijumpai, Selasa (5/12/2023).

Ditambahkan oleh Rudibdo, Jika dilihat dari parameter PBB-P2, hingga 30 November 2023 lalu, realisasi pendapatan mencapai Rp68,5 miliar dari target sebesar Rp88 miliar. Jumlah itu mengalami peningkatan dibandingkan capaian pada Desember 2022, yang hanya berada pada angka Rp64 miliar.

" Artinya, terobosan yang dilakukan berupa kebijakan Pak Bupati melalui Surat Keputusan tentang keringanan dan relaksasi jatuh tempo pembayaran PBB memberikan dampak positif. Kesadaran masyarakat meningkat untuk menyelesaikan kewajibannya," tambahnya.

Sementara realisasi pajak daerah hingga akhir November 2023 mencapai lebih dari Rp229 miliar. Angka itu lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang hanya berada pada kisaran Rp222 miliar. Sedangkan dari sektor retribusi, juga turut menyumbang PAD sebesar hampir mencapai Rp37 miliar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:23
01:35
01:45
01:54
01:47
15:24
Viral