Jalur fungsional tol Solo - Yogyakarta.
Sumber :
  • Tim tvOne - Agus Saptono

Jalur Fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Siap Digunakan pada Libur Nataru

Kamis, 21 Desember 2023 - 12:04 WIB

Boyolali, tvOnenews.com - PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) siap mengoperasikan jalur fungsional jalan tol Solo-Jogja pada masa liburan Nataru tahun ini.

Pengoperasian jalur fungsional ini di mulai dari Kartasura sampai dengan Karanganom, Klaten, Jawa Tengah sepanjang 13 KM.

Direktur Utama PT JMJ Suchandra P Hutabarat mengatakan, jalur fungsional Jalan Tol Solo-Jogja (Kartasura samapi dengan Karanganom) akan dioperasikan dalam dua periode. Pada periode arus mudik yaitu pada 22-31 Desember 2023 dan pada periode arus balik yaitu 1-3 Januari 2024.

“Pada periode tersebut, kami akan membuka jalur fungsional pada jam operasional mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Kendaraan yang diperbolehkan melintas adalah kendaraan roda 4 golongan 1 non bus dan non truk, tidak diperuntukan untuk kendaraan berat" katan Suchandra, saat melakukan pengecekan jalur fungsional, Rabu (20/12/2023).

Lebih lanjut Suchandra menjelaskan, pelayanan kali ini berbeda dari pelayanan libur Hari Raya Idul Fitri 1444H lalu yang hanya dibuka dari Kartasura (Gerbang Tol Colomadu) hingga Sawit sepanjang 6 KM.

Pada periode Nataru kali ini jalur fungsional dibuka lebih panjang dari gerbang tol Colomadu on off Banyudono hingga Karanganom sepanjang 13 KM, dengan karakteristik jalur fungsional kali ini berupa konstruksi rigid pavement.

“Dengan jalur yang lebih panjang, kami memberikan pelayanan yang lebih optimal karena jalur fungsional ini dapat menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan untuk menghindari  kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di Tugu Kartasura Delanggu dan Jalan Raya Solo Yogjakarta. Sekaligus memperpendek waktu perjalanan dari gerbang tol Colomadu menuju Klaten sehingga mampu memangkas waktu tempuh lebih cepat,” jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
Viral