Anak-anak usai menerima pecingan/angpao lebaran dari orangtua, saudara dan kerabat..
Sumber :
  • Tim tvOne - Tri Handoko

Tradisi Pecingan, Berkah Lebaran Bagi Anak-anak di Brebes Setelah Sebulan Berpuasa

Rabu, 10 April 2024 - 13:55 WIB

Brebes, tvOnenews.com - Berbagai tradisi menghiasi lebaran dari mulai ziarah kubur usai Salat Ied hingga membagi-bagikan uang kepada anak-anak atau bagi masyarakat Brebes, Jawa Tengah dikenal dengan istilah tradisi pecingan.

Saat lebaran selain mengenakan baju baru dan kue lebaran, anak anak di Brebes paling  menanti pecingan dari orang tua, saudara den kerabat, saat berkumpul di hari lebaran.

Pemberian pecingan atau angpao kepada anak-anak oleh orang tuanya, diberikan sebagai bentuk hadiah setelah berpuasa selama satu bulan penuh.

Salah seorang anak penerima pecingan, Keysha (11), warga Kelurahan Pasarbatang, Kecamatan Brebes mengaku, paling dinanti yakni saat berkunjung ke rumah neneknya. Dimana kerabatnya kumpul dan membagikan angpao. 

Dalam sekejap ia pun menerima uang pecingan hingga Rp 1, 2 juta. Dimana uang pecingan yang didapat akan digunakan untuk membeli tas, boneka dan selebihnya akan ditabung.

"Saya dapat selain dari orang tua, juga dapat pecingan dari nenek, bude, dan tante. Alhamdulillah bisa buat beli tas, boneka dan ditabung di sekolah," kata Keysha, Rabu (10/04/2024) pagi.

Lain halnya, Akif (8), uang pecingan yang didapat sebanyak Rp 800 ribu akan dibeli game online dan beli jajan, baru sisanya akan dititipkan sama orang tuanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:11
09:23
08:52
01:36
04:20
04:02
Viral