Nasi Khoja Paket Lengkap, Ada Nasi Biryani, Nasi Kebuli, dan Nasi Mandi..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Pengen Santap Nasi Biryani Khas Khoja di Semarang? Ini Tempatnya

Jumat, 7 Januari 2022 - 11:44 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Nasi Biryani adalah makanan khas yang berasal dari tradisi kuliner bangsa Timur Tengah dan Asia Selatan. Di Indonesia, nasi biryani dikenalkan oleh pendatang dari Arab dan orang Khoja Gujarat India.

 

Ciri paling khas dari nasi biryani adalah bulir nasinya yang kecil panjang dan tidak lengket. Berasnya berasal dari India yaitu beras basmati yang berserat tinggi dan kandungan glutennya lebih rendah dari beras biasanya. Sehingga lebih bersahabat bagi penderita diabetes.

 

Menu ini dimasak dengan bumbu khas yang kuat rempahnya dan direbus bersama kaldu daging. Saat merebus tak boleh mengaduk terlalu sering karena bisa mematahkan bulir nasinya. Setelah itu, lalu dikukus hingga matang dan warnanya putih, beberapa ada yang kemerahan.

Nasi biryani disajikan dengan potongan daging kambing tomat, bawang bombay dan emping. Di Kota Semarang, yang warga keturunan Arab dan Gujaratnya cukup banyak, juga terdapat beberapa rumah makan yang menyajikan makanan khas, termasuk nasi biryani. Salah satunya adalah Resto Khoja di Jalan Pandanaran, dekat Simpang Lima.

Menurut pemilik resto, Popy Maryani, nasi biryani termasuk menu yang cukup laris seperti juga nasi kebuli.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral