Nasi Bakar Kendil yang Menggugah Selera..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Nasi Bakar Kendil Semarang, Aromanya Sungguh Menggugah Selera

Sabtu, 8 Januari 2022 - 10:46 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Sebagai pemakan nasi, orang Indonesia dikenal sangat kreatif mengolah beras menjadi aneka masakan. Cara memasak pun beragam. Ada yang direbus, ada yang dikukus, ada yang ditim, bahkan ada juga yang dibakar. Nah, di Semarang ada sebuah tempat makan yang mengolah nasi dengan cara dibakar kendil. Kata yang memasak, kendil dari tanah liat memberi aroma khusus yang bisa menggugah selera makan.

 

"Cara orang dulu kan awalnya memasak itu pakai gerabah tanah liat. Ada kendil, ada klenting, dan lain-lain. Kita ingin coba tawarkan nih, masak tempo dulu dengan alat tanah liat, dan ternyata taste dan aromanya beda dan menggugah selera," kata Toyo, salah satu juru masak nasi bakar kendil Semarang.

 

Kalau dilihat dari tampilannya, nasi bakar kendil ini mirip dengan nasi tim. Bedanya, kalau nasi tim pemanasannya dengan menempatkan beras di panci kecil lalu ditaruh di tengah air panas dan ditutup, sedangkan nasi bakar kendil nasinya ditaruh di kendil dan dipanaskan langsung dengan api.

 

"Karena langsung dipanaskan dengan api, maka harus rutin kita aduk, sehingga bagian bawahnya tidak gosong," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral