Sambal Tumpang Koyor khas Salatiga.
Sumber :
  • tvOne/Aditya Bayu

Rahasia Legenda Tumpang Koyor Salatiga

Rabu, 12 Januari 2022 - 17:58 WIB

Salatiga, Jawa Tengah - Jalan-jalan ke Salatiga, Jawa Tengah tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi tumpang koyor yang menjadi salah satu makanan legendaris kota yang pernah mendapat julukan "De Schoonste Stad van Midden-Java" (Kota Terindah di Jawa Tengah) ini.

Bagi anda yang belum tahu apa itu tumpang koyor, berikut sedikit penjelasannya.

Sambal Tumpang Koyor merupakan makanan khas Salatiga yang terbuat dari bahan dasar kuah santan yang dimasak dengan tempe semangit atau sering disebut tempe busuk dan dibumbui dengan aneka rempah. Kuah santan kemudian diisi aneka lauk seperti tahu, koyor, kikil, pipi, dan otot sapi.

Dalam penyajiannya, sambal tumpang koyor juga dipadukan dengan aneka sayur serta serundeng dan tak ketinggalan nasi hangat.

Saat ini warung atau rumah makan penjual tumpang koyor sudah banyak terlihat di setiap sudut Kota Salatiga. Namun ada satu tempat yang telah lama menjajakan makanan legendaris ini yakni warung makan sambal tumpang koyor Bu Kori.

Warung Bu Kori sudah menjual sambal tumpang koyor sejak tahun 1940. Usaha warung makan ini masih diteruskan turun-temurun hingga generasi ke-3.

Aminatun sebagai generasi ke-3 membagikan sedikit rahasia warung tumpang koyornya mampu bertahan dari gempuran para pendatang baru. Salah satunya, warung ini menggunakan bahan-bahan yang segar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
02:17
Viral