Tangkapan layar foto profil dan nomor WhatsApp mencatut nama Bupati Pati Haryanto.
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Penipuan Melalui WhatsApp Catut Nama Bupati Pati, Incar Lembaga Keagamaan

Kamis, 13 Januari 2022 - 19:43 WIB

Pati, Jawa Tengah - Aksi penipuan melalui WhatsApp (WA) menyatut nama Bupati Pati Haryanto, dengan sasaran lembaga keagamaan terjadi di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Modus yang dilakukan penipu dengan berpura-pura sebagai Bupati Pati yang hendak memberikan sedekah melalui rekening lembaga keagaaman.

Untuk meyakinkan calon korbannya, pelaku mencatut nama dan foto profil Bupati Pati Haryanto, dengan menggunakan nomor +62 812-3362-7892.

Kepada korbannya, akun WhatsApp palsu ini menginformasikan telah mentransfer sejumlah uang ke rekening lembaga keagamaan dengan disertai bukti transfer melalui ATM. Kemudian, penipu meminta pengurus lembaga keagamaan yang telah ditransfer tersebut untuk mentransferkan sejumlah uang ke nomor rekening lembaga keagaaman lainnya, dengan dalih berbagi sedekah.

Pengurus lembaga keagamaan korban penipuan yang menyadari ada kejanggalan pada foto bukti transfer yang dikirimkan melalui WA pelaku kemudian mengkonfirmasi kepada Pemkab Pati. Dan ternyata benar, bukti transfer tersebut adalah palsu.

Bupati Pati Haryanto, mengatakan, nomor WA yang menggunakan foto profil dan namanya, adalah palsu dan memastikan bahwa itu adalah aksi penipuan.

“Saya pastikan itu adalah aksi penipuan. Bukan sekali ini saja terjadi, foto juga asal mengambil dari internet itu,” kata Bupati Pati Haryanto, Kamis (13/1/2022).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral