Yoghurt susu kambing.
Sumber :
  • tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Peternak di Semarang Ini Bikin Yoghurt Susu Kambing

Minggu, 16 Januari 2022 - 09:06 WIB

Kambing super. Begitulah julukan untuk jenis kambing PE atau peranakan Etawa. Asal usulnya dari perkawinan silang antara kambing Etawa India dengan kambing lokal Jawa. Sehingga menghasilkan keturunan yang berbadan besar untuk kambing jantan, dan penghasil susu untuk kambing betina.

Produksi susu kambing memang tak sebanyak susu sapi. Tapi, harga seliter susu kambing bisa lima kali lipat dibanding seliter susu sapi.

Itulah yang kemudian menggerakkan warga di Kampung Kuncen, Kelurahan Bubakan, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, untuk beternak kambing PE. Mereka membentuk kelompok peternak kambing sekaligus mengolah susu kambing menjadi produk yang punya nilai ekonomi tinggi.

Susu kambing hasil ternak ada yang dijual segar ada pula yang dijual beku. Selain itu untuk menambah nilai ekonominya, peternak mengolahnya menjadi yogurt. Dan ternyata pemesannya banyak, mengingat susu kambing dipercaya bisa untuk terapi kesehatan.

Menurut Ahmad Zaidi, salah satu peternak, dulu yang beternak kambing di kampungnya hanya beberapa orang saja. Lalu ketika melihat ada yang berhasil, yang lain pun ikut bergabung.

"Kini ada lebih dari 200 ekor kambing peranakan etawa yang diternakkan di Kampung Kuncen," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral