Nelayan di Bandengan Kendal hanya menambatkan perahu di muara sungai karena gelombang tinggi..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Sudah Sepekan Nelayan di Kendal Tidak Melaut Karena Cuaca Buruk

Selasa, 18 Januari 2022 - 12:48 WIB

Kendal, Jawa Tengah - Gelombang tinggi saat ini melanda perairan laut Jawa. Para nelayan pantura termasuk di Kendal pun terkena dampaknya. Seperti di kampung nelayan Bandengan, Kecamatan Kendal Kota.

Sudah sepekan ini nelayan setempat memilih untuk tidak melaut. Tingginya gelombang laut yang mencapai lebih dari dua meter, dinilai terlalu berbahaya, apalagi bagi nelayan yang memakai kapal kecil.

Sebagian nelayan masih coba mencari ikan dan udang di laut pinggiran. Namun hasil yang didapat berkurang dibanding biasanya.

"Biasanya dalam sehari bisa menebar jala enam kali. Tapi sekarang hanya bisa tiga kali. Itu pun di pinggiran dan muara sungai yang ikannya tidak sebanyak di tengah. Biasanya bisa dapat satu juta sekali melaut, tapi sekarang hanya 400 ribu, setelah dipotong solar dan bekal cuma dapat sedikit," jelas Rusli, nelayan Bandengan Kendal, Selasa (18/1/2022).

Yang juga membuat nelayan galau, saat ini sebenarnya kondisi di laut lagi banyak udang, dan harganya pun lagi bagus. Tapi mau apa lagi, keselamatan tetap mereka utamakan meski untuk sementara memakai tabungan untuk makan sehari-hari.

"Harga udang lagi bagus-bagusnya sekarang, naik dibanding Desember kemarin. Tapi kalau hasilnya tidak sebanding ongkos ya buat apa. Apalagi cuacanya seperti ini," tambahnya.

Para nelayan berharap cuaca segera membaik kembali sehingga mereka bisa melaut dengan aman dan mendapatkan hasil yang diharapkan. (Teguh Joko Sutrisno/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral