Ratusan Umat Hindu di Banyudono Boyolali Ikuti Kirab Ogoh-ogoh..
Sumber :
  • Tim tvOne - Agus Saptono

Umat Hindu di Boyolali Gelar Acara Meracu Dengan Kirab Ogoh-ogoh

Rabu, 2 Maret 2022 - 22:15 WIB

Boyolali, Jawa Tengah – Ratusan umat Hindu di Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (2/3/2022) malam mengadakan acara meracu dan mengarak Ogoh-ogoh setinggi empat meter keliling kampung sejauh dua kilo meter.

Acara mecaru merupakan acara rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi. Acara mengambil tempat di Pura Bhuana Suci Saraswati Desa Ngaru Aru, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali.

Pantauan dilapangan, ratusan umat Hindu ikut dalam kirab tersebut, selain membawwa Ogoh-ogoh, sejumlah peserta kirab juga membawa berbagai sesaji dan juga obor yang terbuat dari bambu.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Desa Ngaru Aru, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali Heru Kuncoro mengatakan, bahwa Pura Bhuana Suci Saraswati sejak sore mengadakan acara mecaru dan dilanjutkan kirab Ogoh-ogoh dengan keliling kampung.

“Pengertiaan Ogoh-ogoh disini dalam konsep nyepi Ogoh-ogoh sebagai lambang sifat atau energi buruk yang ada hubungannya dengan alam semesta termasuk dalam diri manusia yang harus di musnaskan dengan cara dibakar,” kata Heru Kuncoro kepada wartawan usai acara, Rabu (2/3/2022) malam.

Lebih lanjut Heru mengatakan, bahwa peserta kirab dibatasi karena masih pandemi dan tetap menjaga protokol kesehatan.

“Ini pesertanya sekitar 115 meski kemarin sudah dibatasi hanya 70 orang, kalau tidak dibatasi bisa mencapai 400an orang,” ucapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
Viral