Tanggul Sungai Ngasinan di Desa Jambean Kidul, Kecamatan Margorejo, Pati, Jateng, jebol..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Tanggul Sungai Ngasinan Pati Jebol, Tanaman Padi Siap Panen Rusak

Sabtu, 12 Maret 2022 - 17:31 WIB

Pati, Jawa Tengah – Tak kuat menahan besarnya debit air, tanggul Sungai Ngasinan di Desa Jambean Kidul, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, jebol. Akibatnya, sekitar 8 hektar tanaman padi siap panen rusak dan terancam gagal panen. Selain disebabkan karena tanggul Sungai Ngasinan jebol sepanjang 50 meter, sejumlah sak berisi tanah untuk memperbaiki tanggul yang jebol sebelumnya juga berserakan merusak tanaman padi. Para petani pun terancam merugi puluhan hingga ratusan juta Rupiah.

Ketua Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Banyu Kencono mengatakan, tanggul yang dibuat satu paket dengan proyek Bendung Blado di Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati itu sudah beberapa kali jebol dan merusak tanaman padi.

“Bendung bladu itu dibangun kan membendung Sungai Ngasinan. Berhubung tinggi dari dasar sungai itu 1,5 hingga 2,5 meter, kalau ada banjir tidak bisa lewat lancar melalui sungai tersebut karena terhalang bangunan bendungan. Kemungkinan juga pintu air itu tidak dibuka, sehingga air membobol tanggul itu karena tanggul itu tidak kokoh,” ujar Kamelan, Sabtu (12/3/2022).

Sebagai ketua P3A Desa Jambean Kidul, Kamelan mengaku kebingungan merespon pengaduan para petani anggotanya.

“Soal kerugian yang dialami para petani ini masih bingung kami harus laporan minta ganti rugi ke mana. Kalau soal melaporkan jebolnya tanggul dan meminta agar tanggul diperbaiki kan cukup mudah. Kami tinggal menyampaikan ke instansi terkait,” pungkasnya. (Abdul Rohim/Ard)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:43
02:06
03:27
02:55
04:42
04:28
Viral