Proses evakuasi warga korban banjir di Kecamatan Kroya.
Sumber :
  • Ian Sutriana

Hujan Kembali Turun, Banjir di Cilacap Kembali Naik sehingga Warga Terpaksa Dievakuasi

Minggu, 20 Maret 2022 - 08:08 WIB

Cilacap, Jawa Tengah - Hujan yang kembali mengguyur dengan durasi yang cukup lama mengakibatkan debit air banjir yang menggenangi 8 desa, salah satunya berada di Dusun Nusawungu RT 03, RW 01 Desa Nusawungu, Kecamatan Nusawungu,  Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah bertambah, Minggu (20/3/2022) 

Menurut relawan, diperkirakan kenaikan debit air ini sekitar 20 hingga 30 cm. Pada Sabtu (19/3/2022) kemarin, ketinggian air bervariasi hingga sekitar 60 cm. Hari ini air diperkirakan bisa mencapai lebih dari 1 meter. Kenaikan debit air ini terlihat dari adanya bebrapa lokasi yang awalnya tidak tergenang, kini mulai tergenang. 

"Hujannya cukup lama semalam, tadi saya cek ke lokasi, jalan yang kemarin bisa dilalui kini sudah tidak bisa, kenaikan debit air diperkirakan mencapai 30 cm," ujar seorang relawan kemanusiaan yang bertugas di Cilacap, Joko.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap saat dikonfirmasi melalui jaringan telepon menyebutkan, bahwa genangan kembali naik di kecamatan lain, yaitu di Kecamatan Kroya, tepatnya Desa Gentasari. Petugas dan relawan tengah melakukan evakuasi terhadap warga yang rumahnya terendam banjir. 

"Kita tengah melakukan evakuasi terhadap warga korban banjir ke tempat yang lebih aman. Di Gentasari air kembali naik, Mas," kata petugas BPBD Cilacap, Gatot Arief Widodo.

BPBD Kabupaten Cilacap mengimbau untuk warga korban banjir agar selalu waspada, terlebih saat hujan dengan intensitas tinggi kembali mengguyur wilayah pegunungan seperti wilayah Banyumas, Jawa Tengah. 

Banjir ini mengakibatkan ribuan rumah warga terendam banjir. Bukan hanya itu, ratusan hektar pesawahan milik warga yang siap panen ikut terendam banjir. Akses jalan penghubung antara desa kini sulit untuk dilalui, hanya kendaraan besar dan tinggi yang bisa melalui jalan ini. (Ian Sutriana/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral