Pengendara Menerjang Hujan Lebat di Semarang..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Ada Siklon Tropis Charlotte, Ini Daerah di Jateng yang Berpotensi Terdampak

Selasa, 22 Maret 2022 - 14:44 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Masyarakat di Jawa Tengah diminta waspada beberapa hari ke depan terkait cuaca yang diakibatkan munculnya siklon tropis Charlotte. 

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Sutikno mengatakan, ada potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi.

"Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, diidentifikasi adanya siklon tropis Charlotte terpantau berada di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah. Kondisi tersebut membentuk daerah pertemuan, perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang dari Samudra Hindia selatan Bali hingga Jawa Barat," rincinya.

Ia menambahkan, kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Jawa Tengah, serta anomali suhu muka laut di Samudera Hindia selatan Jawa dan Laut Jawa yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah. 

"Kelembaban udara yang relatif cukup tinggi turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia. Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal di wilayah Jawa Tengah," jelas Sutikno.

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, lanjutnya, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang dalat terjadi pada periode 23 hingga 25 Maret 2022 di wilayah Jawa Tengah.

Daerah-daerah yang berpotensi terdampak adalah Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Kebumen, Purworejo, dan Wonogiri di Jateng Selatan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
03:14
02:13
03:28
00:58
06:16
Viral