Bripka Septi Panca Pratiwi memilah sampah yang disedekahkan warga..
Sumber :
  • tvOne

Kartini Masa Kini, Bhabinkamtibmas Wanita Polres Pati Tangani Sampah Warga Lewat Progam Sedekah Sampah

Kamis, 21 April 2022 - 11:58 WIB

Pati, Jawa Tengah - Sosok Raden Ajeng Kartini yang memperjuangkan kesetaraan gender, telah memberikan motivasi kepada perempuan Indonesia saat ini.

Salah satunya adalah seorang Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Kamtibmas) wanita pertama di Polres Pati, Jawa Tengah, Bripka Septiani Panca Pratiwi.

Tidak ada yang berbeda dengan anggota polisi lain di Polsek Pati Kota, Polres Pati, Jawa Tengah, Ia selalu mengikuti apel pagi sebelum melaksanakan tugasnya sebagai Bhabinkamtibmas.

Usai melakukan apel, Bripka Septi mendatangi Kampung Randukuning yang ada di Kelurahan Pati Lor, yang merupakan kampung binaannya. Bripka Septi melakukan program sedekah sampah bersama ibu-ibu setempat. 

Hal ini dilakukan Bripka Septi sebagai Kartini jaman sekarang dalam penanganan sampah.

Bripka Septi tidak canggung mengambil dan memilah sampah yang disedekahkan oleh warga di posko sodaqoh sampah. Dari sinilah penanganan sampah dimulai, baik sampah basah maupun kering.

Bripka Septi Panca Pratiwi mengatakan, pengumpulan sampah kardus, plastik dan botol air mineral ini kemudian dijual kepada pengepul yang hasil penjualannya dimasukkan dalam kas. Kas sedekah sampah kemudian dibelikan sembako untuk disedekahkan kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti dhuafa, anak yatim piatu, janda tua dan warga yang sedang menjalani isolasi mandiri saat pandemi Covid-19 lalu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral