Petugas dari Polsek Bandungan mengatur lalu lintas di Alun-Alun Bandungan..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas untuk Atasi Kemacetan Kawasan Wisata Bandungan

Minggu, 24 April 2022 - 15:31 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Kawasan Bandungan di Kabupaten Semarang yang terkenal dengan sejumlah objek wisata, seperti Gedong Songo, Taman Celosia, dan Umbul Sidomukti selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Menghadapi libur hari raya Idul Fitri 1443 H, Polres Semarang melaui jajaran Polsek telah menyiapkan sejumlah langkah antisipatif guna menghadapi lonjakan kunjungan wisatawan di Kawasan Wisata Bandungan ketika libur Lebaran nanti.

Kapolsek Bandungan, Iptu Ari Parwanto mengatakan, sejumlah rekayasa lalu lintas dan penataan parkir pengunjung di tempat wisata serta tempat oleh - oleh akan dilakukan demi kelancaran arus lalu lintas di Kawasan Wisata Bandungan. 

"Kawasan wisata Bandungan saat ini telah mengalami penataan yang baik oleh Pemkab Semarang, sehingga saat ini setiap akhir pekan tidak terjadi kemacetan seperti dulu. Namun, khusus libur Lebaran, kami akan prioritaskan karena volume kendaraan dan kunjungan wisatawan pasti akan meningkat tajam dibanding akhir pekan biasa," ujarnya saat dijumpai di Pos Pengamanan Polsek Bandungan, Minggu(24/4/2022).

Ada sejumlah titik kepadatan di Kawasan Wisata Bandungan yang menjadi perhatian polisi, di antaranya di beberapa ruas jalan menuju tempat wisata.

"Saat ini, ada 3 tempat wisata dengan kunjungan wisatawan yang luar biasa, seperti Gedong Songo, Taman Celosia, dan Umbul Sidomukti. Belum lagi, ada oleh - oleh khas tahu bandungan yang sangat ramai. Di sini, kami akan lakukan rekayasa lalu lintas hingga upaya terakhir adalah buka tutup jalur ke lokasi wisata jika antrean kendaraan cukup parah," tegas Kapolsek.

Antisipasi juga dilakukan pada sore hari saat masyarakat pulang dari lokasi wisata. Karena ada 3 lokasi wisata di Bandungan, diperkirakan akan terjadi lonjakan arus lalu lintas dari Bandungan menuju Semarang.

"Guna antisipasi lonjakan volume kendaraan secara bersamaan dari lokasi wisata dan jika kemacetan panjang terjadi, opsi terakhir yang bisa kita lakukan adalah dengan memberlakukan jalur satu arah untuk turun dari Bandungan. Teknisnya, kita akan bekerja sama dengan Satlantas Polres Semarang untuk memberlakukan satu arah. Naik ke bandumgan melalui Ambarawa dan turun melalui Bergas," imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral