Kondisi kemacetan di jalur alternatif Ketanggungan Slawi.
Sumber :
  • Otong Susilo

Niat Pilih Jalur Alternatif Agar Lancar, Pemudik di Brebes Malah Terjebak Macet Parah

Sabtu, 30 April 2022 - 10:45 WIB

Brebes, Jawa Tengah - Antrean kendaraan roda 4 pemudik terjebak macet di jalur alternatif Ketanggungan, Kabupaten Brebes, menuju Slawi, Kabupaten Tegal pada H-2 Lebaran, Sabtu (30/4/2022) pagi. Kemacetan yang terjadi di  ruas jalan milik provinsi Jawa Tengah ini karena kondisi ruas jalan yang sempit dan adanya aktivitas pasar tradisional Sitanggal, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes.

Kendaraan memilih jalur alternatif ini rata rata adalah kendaraan pemudik tujuan Jawa Tengah bagian selatan, serta DIY yang keluar dari Gerbang Tol Pejagan melalui Banyumas. Pilihan jalur alternatif karena jalur utama Pejagan Klonengan juga terjadi kemacetan yang jauh lebih parah.

"Tadinya lewat sini tak kira tidak macet nggak tahunya sama saja, parah, " tutur Anto pemudik dari Depok tujuan Purworejo merasa kesal.

Pemudik melewati jalur alternatif Ketanggungan-Slawi, lalu jalan tikus di Jatibarang, kemudian belok kanan menuju arah Margasari selanjutnya menuju arah Bumiayu dan Banyumas.

Aktivitas pasar tradisional di Sitanggal adalah salah satu pemicu terjadinya kemacetan di jalur alternatif ini. Juga banyak dijumpai pedagang dadakan yang menggelar barang jualannya di bahu jalan sekitar pasar Sitanggal. 

"Besok hari Minggu bakal lebih parah karena sehari sebelum Lebaran pedagang jumlahnya lebih membludak," tutur Kheri salah satu pedagang.

Untuk membantu kelancaran arus lalu lintas hanya nampak  beberapa anggota Pramuka yang nampak sibuk secara bergantian mengatur arus lalu lintas di perempatan Pasar Sitanggal ini sejak pagi hari, lalu lalang pengunjung pasar yang membuat kendaraan tidak bisa leluasa bergerak. (oso/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral