Petugas PLN evakuasi balon udara liar yang jatuh di kabel listrik 150 KV, Kamis (5/5/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Ronaldo Bramantyo

Balon Udara Liar Jatuh ke Sutet, Listrik Wonosobo-Temanggung Padam 3 Jam

Jumat, 6 Mei 2022 - 06:48 WIB

Wonosobo, Jawa Tengah - Selain berbahaya untuk jalur penerbangan pesawat, balon udara yang terbang bebas akibat tidak ditambatkan (diikat) juga membahayakan jaringan listrik tegangan tinggi (sutet).

Menurut Manager Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk Wonosobo, Daiwan Sakti Aji, penerbangan balon udara harus sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, salah satunya yakni dengan cara ditambatkan.

"Penerbangan balon ini sesuai ketentuan yang berlaku, dan kita selalu melakukan pengawasan dan pemantauan agar acara festival dapat berjalan lancar dan transmisi untuk sistem ketenagalistrikan dapat tetap terjaga keandalannya" tutur Daiwan, Kamis (5/5/2022).

Ia juga menjelaskan, terdapat salah satu balon udara tanpa awak yang lepas akibat tidak ditambatkan kemudian terjatuh dijaringan listrik dan mengganggu Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 kV di jaringan Wonosobo Temanggung.

"Masih ditemukan balon udara yang diterbangkan tanpa ditambatkan dan mengganggu Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 kV di Jaringan Wonosobo Temanggung," ungkapnya.

Untuk mencegah terjadinya kebakaran pada jaringan listrik akibat balon udara yang jatuh disaluran tegangan tinggi tersebut, personil PLN pun langsung melakukan pengamanan balon udara tersebut. 

"Petugas melakukan evakuasi balon selama 3 jam, dari jam 8 pagi sampai jam 11 siang tadi, Kamis (05/05/2022) dan saat mengambil balon itu jaringan listrik harus dipadamkan terlebih dahulu. Area yang terdampak sebagian Wonosobo dan Temanggung," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral