Macet panjang terjadi Sabtu (7/5) ini di jalur arteri Kota Semarang menuju Ungaran.
Sumber :
  • Tim tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Macet Sepanjang 6 KM, Akibat Arus Wisata di Perbatasan Semarang-Ungaran

Sabtu, 7 Mei 2022 - 12:34 WIB

Semarang, Jawa tengah - Menjelang selesainya masa liburan Lebaran, warga di Semarang hari ini, Sabtu (7/5/2022) berbondong-bondong pergi ke tempat wisata. Akibatnya jalur arteri yang mengarah ke daerah tujuan wisata terpantau sangat padat. Bahkan kemacetan terjadi di jalur keluar kota menuju Ungaran dan Salatiga yang menjadi destinasi favorit. Antrean kendaraan mengular hingga 6 kilometer.

Kemacetan panjang ini terjadi di perbatasan antara Kota Semarang dengan Ungaran Kabupaten Semarang. Penumpukan arus lalu lintas dipicu volume kendaraan yang melonjak tajam dan ribuan warga yang memanfaatkan dua hari masa libur lebaran pada Sabtu dan Minggu untuk berwisata sebelum masuk kerja dan sekolah pada hari Senin mendatang.

"Kan besok Senin anak-anak sudah masuk sekolah. Jadi mumpung masih ada libur yang saya ajak aja ke Watu Gunung berwisata," Ujar novi

Dari pantaun di lapangan, titik awal kepadatan dimulai dari persimpangan Alun-Alun Lama Ungaran. Kemudian mengular sampai pasar Bandarjo yang mana banyak orang menyeberang. Kemacetan terus memanjang hingga gerbang batas Kota semarang dengan Ungaran. Ekor antrean terpantau hingga depan Makodam IV Diponegoro Watugong blBanyumanik.  Total penumpukan arus kendaraan panjangnya sekitar 6 kilometer.

Pengendara hanya bisa memacu kendaraan sangat pelan antara lima hingga sepuluh kilometer per jam saja. Sementara pengendara sepeda motor harus bermanuver di lajur pinggir agar tidak terjebak arus kemacetan.

Kemacetan diprediksi akan terjadi hingga siang hari. Sementara pada sore harinya kemacetan diprediksi akan terjadi pada arah sebaliknya, saat warga mulai pulang dari berlibur dan bertemu dengan arus balik Lebaran. (tjs/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral