Para guru PPPK di Brebes saat melakukan pemberkasan..
Sumber :
  • Tim tvOne - Otong Susilo

SK Pengangkatan Belum Diterima, Ribuan Guru PPPK di Brebes Resah

Kamis, 12 Mei 2022 - 13:48 WIB

Brebes, Jawa Tengah - Sebanyak 2.822 tenaga Pekerja Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bidang pendidikan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah merasa resah karena hingga bulan Mei 2022 ini belum ada kejelasan soal Surat Keputusan (SK) pengangkatan mereka.

Pada seleksi tahap pertama bulan September 2021 sekitar 1739  guru dan seleksi tahap kedua pada Januari 2022 sebanyak 1083 guru sudah final karena pemberkasan sudah selesai dilaksanakan semua.

" Kami punya WA grup sesama guru P3K termasuk didalamnya ada yang dari BKPSDMD (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  Daerah) Brebes tetapi mereka tidak bisa menjawab kapan SK kami mau diberikan, inilah keresahan kami guru PPPK yang lolos tapi tidak ada kejelasan " tutur Satori seorang guru yang mengajar di SD Kupu 1 Wanasari Brebes Kamis (12/5/2022).

" Guru PPPK sangat berharap jika Pemerintah Kabupaten Brebes bisa menjawab pertanyaan kami , karena kami butuh kepastian biar kami tenang " tambah Satori.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Angger Adi Wiguna, pengajar di SD Keboledan 1 Brebes.

" Kami yang lolos di seleksi tahap satu saja belum tahu kapan akan mendapatkan SK apalagi yang seleksi tahap kedua , kami semua menunggu kejelasan " kata Angger Adi Wiguna.

" Dalam masa menunggu SK pengangkatan bahkan ada guru yang lolos PPPK akhirnya meninggal dunia , sudah dinyatakan lolos tapi belum menerima SK kami merasa sedih " lanjutnya.

Menjawab pertanyaan guru PPPK ini Sekretaris Daerah (Sekda) Brebes Djoko Gunawan menyatakan semua proses hampir selesai.

" Proses yang sudah lolos itu pemberkasan kemudian kita usulkan nomor induk PPPK  ke BKN Regional I (Badan Kepegawaian Nasional) yang berkantor di Yogyakarta, proses administrasi dan muncul nomor induk PPPK yang sudah lolos di tahap satu itu baru diserahkan kembali kepada kami menjelang lebaran kemarin " jelas Djoko Gunawan .

" Nah saat ini BKPSDMD Brebes sedang nglembur untuk membuat SK nya yang tahap pertama dan Insya Allah Nomor Induk PPPK yang tahap kedua akan selesai , kita marathon mengerjakan SK pengangkatan PPPK ini mudah mudahan bulan Juni sudah selesai semua dan kami serahkan " tambah Sekda Brebes.

Sekda menepis anggapan bahwa molornya penyerahan SK pengangkatan ini karena tidak adanya anggaran untuk tenga PPPK guru ini,

" Kami sudah mendapatkan DAU (Dana alokasi Khusus) sebesar 105 milyar dari pusat, anggaran belanja pegawai untuk penggajian PPPK bersifat spesifik  kami tidak berani mengutak atik anggaran tersebut untuk hal yang lain " pungkas Djoko Gunawan. (Oso/Buz)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral