Dalang wayang kulit asal Boyolali, Jawa Tengah, Ki Gondo Wartoyo..
Sumber :
  • Tim tvOne - Agus Saptono

Transisi Menuju Endemi, Pelaku Seni di Boyolali Banjir Order Pertunjukan

Jumat, 20 Mei 2022 - 09:56 WIB

Boyolali, Jawa Tengah – Sejak adanya pelonggaran PPKM hingga masa transisi dari pademi menuju endemi, pelaku seni di Boyolali, Jawa Tengah mulai kebanjiran order  pertunjukan. Hal tersebut juga dialami pelaku seni, termasuk para dalang wayang kulit.

Salah satu dalang wayang kulit yang berasal dari Dukuh Bulu, Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Boyolali, Ki Gondo Wartoyo, mengatakan, selama memasuki masa pandemi Covid-19 sekitar dua tahun lamanya, pelaku seni di tanah air vakum dan tidak dapat menghibur masyarakat, karena tidak ada job untuk pentas. 

“Ya, kami bersama teman lainnya pelaku seni selama covid benar benar tidak bisa berbuat banyak. Kami hanya pasrah karena sama sekali tidak bisa pentas,” katanya kepada wartawan, Kamis (19/5/2022).

Ia menuturkan, semenjak pemerintah memberi kelonggaran PPKM hingga masa transisi saat ini, sudah banyak permintaan pentas diberbagai daerah di tanah air.

“ Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah. Jadi selama ada kelonggaran ini, para seniman mulai kebanjiran job dari masyarakat. Mereka juga rindu dengan pentas seni,” tutur Ki Dalang Wartoyo. 

Lebih lanjut Wartoyo mengatakan, sampai saat ini, terutama dirinya, dalam satu bulan sudah ada 10 hingga 15 jadwal pentas. 

“Saya herannya, sekarang ini yang mengundang wayang itu malah dari pihak gugus tugas covid sendiri. Ini artinya masyarakat benar benar merindukan pagelaran seni wayang kulit,” ucapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
09:04
01:41
02:02
01:18
Viral