Suasana Pasar Hewan Desa Jelok Kecamatan Cepogo yang ditutup Sementara..
Sumber :
  • tim tvOne - Agus Saptono

Seluruh Pasar Hewan di Boyolali Ditutup Sementara

Jumat, 27 Mei 2022 - 11:22 WIB

Boyolali, Jawa Tengah - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali, Jawa Tengah mulai hari ini Jumat (27/5/2022) hingga hari Jumat (10/6/2022), menutup sementara semua pasar hewan. Kebijakan tersebut diambil setelah puluhan ternak Kabupaten Boyolali dinyatakan terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK).

Pantauan di pasar hewan di Desa Jelok, Kecamatan Cepogo, pasar terlihat sepi dan hanya terlihat beberapa petugas kebersihan yang sedang membersihkan pasar. Selain itu di pintu masuk pasar dipasang spanduk besar yang bertuliskan "Dalam Rangka Penanggulangan Dan Pengendalian Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) Kami Informasikan Bahwa Semua Pasar Hewan di Kabupaten Boyolali Ditutup Tanggal 27 Mei – 10 Juni 2022"

Bupati Boyolali M. Said Hidayat mengatakan, penutupan seluruh pasar hewan yang ada di Kabupaten Boyolali selama dua pekan guna mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Ia mengatakan, ada lima pasar hewan yang akan ditutup, yakni Pasar Hewan Jelok, di Kecamatan Cepogo, Pasar Hewan Karanggede, Pasar Hewan Kalioso di Kecamatan Nogosari,Pasar Hewan Simo dan Pasar Hewan Ampel.

"Sementara waktu kita tutup terlebih dahulu sehingga penanganan akan lebih fokus pada titik-titik kandang yang disitu sudah nampak suspek dari PMK ini sendiri, tentunya upaya langkah Inilah yang harus kita ambil,” kata Bupati saat ditemui usai rapat paripurna Jumat (27/5/2022).

Ia menjelaskan, bahwa kebijakan penutupan pasar hewan tersebut berkaitan dengan dilaporkannya 21 hewan ternak yang terjangkit PMK di sejumlah kecamatan. Selama penutupan pasar hewan, Pemkab Boyolali bekerjasama dengan PMI Kabupaten Boyolali akan melakukan penyemprotan disinfektan untuk menekan penyebaran PMK.

Ketua PMI Boyolali Sunarno mengatakan, pihaknya langsung terjun ke lapangan untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke semua pasar hewan serta peternak hewan sapi maupun kambing.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
04:19
01:51
04:21
03:35
06:27
Viral