Harga Cabai di Pasar Blauran Masih Tinggi Capai Rp 90.000 untuk Rawit Merah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Pedasnya Harga Cabai, Berkah Bagi Petani Cabai

Selasa, 14 Juni 2022 - 10:46 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Ditengah tingginya harga cabai saat ini ternyata tidak serta merta selalu membawa dampak negatif. Para petani cabai di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang saat ini justru sedang menikmati tingginya harga cabai meski harus berjuang di tengah cuaca buruk yang bisa sewaktu-waktu merusak hasil panen cabai.

Perawatan ekstra wajib dilakukan para petani jika tak ingin hasil panen cabai rusak akibat curah hujan yang tinggi. Hal ini diungkapkan Cahyono (44), salah seorang petani di Dusun Geblog, Desa Sidomukti, Kabupaten Bandungan, Kabupaten Semarang.

"Saat ini curah hujan masih cukup tinggi, meski seharusnya sudah masuk musim kemarau. Banyak cara yang harus kami lakukan guna menjaga hasil panen tetap baik dan agar cabai tidak busuk sebelum dipanen," ungkapnya, Selasa (14/6/2022).

Cahyono mengakui, harga cabai di tingkat petani saat ini sedang bagus, namun produktivitasnya memang sedang berkurang. Untuk cabai rawit merah di tingkat petani bisa mencapai Rp 85.000 per kilogram dan cabai merah keriting mencapai Rp 55.000 per kilogram.

"Karena faktor cuaca yang tidak menentu, cenderung hujan dengan intensitas lebat yang kadang juga disertai dengan angin kencang. Sehingga cuaca rentan merusak tanaman cabai yang ada di ladang," jelasnya.

"Tingginya harga cabai saat ini juga sejalan dengan biaya perawatan tanaman cabai juga tergolong tinggi, rumit dan membutuhkan tenaga ekstra agar produksinya tetap optimal," lanjutnya.

Meski kondisi harga cabai cukup tinggi, saat ini permintaan cabai juga terus meningkat dari para pedagang besar yang biasa memasok para pedagang di sejumlah pasar tradisional, baik yang ada di Kabupaten Semarang maupun daerah lain di sekitarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:35
02:56
03:32
02:20
01:02
12:54
Viral