Proses vaksinasi PMK di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Jelang Idul Adha, Bupati Semarang Imbau Warga Beli Hewan Kurban Sehat

Jumat, 1 Juli 2022 - 22:08 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Jelang Idul Adha, wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) masih melanda berbagai wilayah di Indonesia. Terkait hal tersebut Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengimbau kepada masyarakat untuk tetap memilih hewan kurban sehat.

Untuk memastikan kesehatan hewan kurban, bisa ditunjukkan dengan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) sebagai hewan kurban saat Idul Adha.

Meski saat ini kasus suspect PMK di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah telah mencapai 3.797 namun jumlah populasi hewan ternak khususnya kambing dan sapi di Kabupaten Semarang mencapai lebih dari 75 ribu ekor. Sehingga tidak sulit bagi masyarakat untuk tetap memilih hewan kurban sehat saat berkurban nanti.

" Saat ini jumlah hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing dan domba di Kabupaten Semarang lebih kurang 75 ribu ekor. Dari jumlah tersebut, data per Kamis (30/6/2022) kemarin sebanyak 3.700 ekor diantaranya terindikasi PMK." jelas Bupati Semarang, Ngesti Nugraha, Jumat (1/7/2022).

"Artinya masih banyak (hewan ternak) yang sehat dan bisa digunakan untuk keperluan hari raya kurban," lanjutnya.

Selain mengimbau masyarakat untuk membeli hewan kurban sehat, Bupati juga mengimbau agar masyarakat tidak mencari atau membeli hewan kurban dari luar Kabupaten Semarang untuk mencegah potensi penyebaran PMK.

"Belinya di sini (Kabupaten Semarang) saja, tidak perlu ke luar daerah, stok kita juga cukup banyak," imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral