Kusnan Memperlihatkan Boneka Unta yang Laris Dipesan di Musim Haji sebagai Souvenir..
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Musim Haji, Boneka Motif Unta di Kudus Kebanjiran Order

Sabtu, 23 Juli 2022 - 11:48 WIB

Kudus, Jawa Tengah - Musim haji tahun ini menjadi berkah tersendiri bagi perajin boneka di Kabupaten Kudus. Sebab, perajin boneka mendapatkan banyak orderan sebagai souvenir haji.  Boneka yang laris untuk dijadikan souvenir adalah boneka unta.

Ialah Kusnan, warga Desa Loram Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, pemilik toko Barokah Toys yang kebanjiran orderan untuk membuat boneka motif unta sebagai souvenir haji. Meski pesanannya tidak seramai sebelum pandemi Covid-19, setidaknya di rumah produksinya masih mendapatkan ratusan pesanan boneka motif unta seperti biasanya.


Di tokonya yang berukuran 6x7 meter persegi itu dia menjual berbagai boneka. Seperti boneka tokoh kartun anak, hewan, dan boneka lainnya. Di musim haji tahun ini permintaan boneka motif unta banyak diminati.

“Di tahun ini pesanan 200 boneka unta berbagai ukuran dan motif, sedangkan pesanan gantungan kunci motif unta di ada sebanyak 2000 buah,” ungkap Kusnan.

Di tempatnya, pria 45 tahun itu menjual gantungan kunci seharga Rp 8 ribu. Sedangkan harga boneka motif unta bervariasi, mulai dari harga Rp 25 ribu hingga Rp 50 ribu. Hal itu bergantung ukuran boneka beserta motifnya.

“Harganya kisaran Rp 25 Ribu sampai Rp 50 ribu, tergantung bentuk dan ukuran. Bahannya mulai dari velboa, rasfur, flanel, dan nylex,” imbuhnya.

Dibantu enam orang pegawainya. Kusnan mampu memproduksi gantungan kunci motif unta sebanyak 100 buah per hari. Sedangkan, produksi boneka motif unta di tempatnya mencapai 50 buah per hari. Pesanan tersebut datang dari beberapa daerah seperti Kudus, Jepara, Pati, Grobogan, Rembang dan Blora. (gml/dan)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:14
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
Viral