Curug Jeglong di Kendal Jawa Tengah.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

Eksotis, Pesona Indahnya Curug Jeglong di Kendal Jawa Tengah Air Terjunnya Berundak dan Sangat Jernih

Kamis, 28 Juli 2022 - 06:49 WIB

Kendal, Jawa Tengah - Kabupaten Kendal Jawa Tengah punya kombinasi geografis pesisir dan pegunungan. Maka tak heran jika di Kendal banyak ditemukan wisata alam yang eksotis. Satu diantaranya adalah Curug Jeglong.

Curug atau air terjun ini memiliki panorama alam mempesona. Lokasinya ada di Desa Bendosari, Kecamatan Plantungan. Sumber airnya berasal dari hulu sungai di lereng Gunung Prau. Untuk sampai ke sini, perjalanan bisa ditempuh dari Kendal sejauh 40an kilometer. Atau kalau dari Kota Semarang sekitar 60 kilometer. Bisa juga diakses dari Temanggung sejauh 30 kilometer.
 
Rutenya cukup mudah, yang penting arahkan dulu kendaraan ke Sukorejo. Lalu nanti ke barat menuju arah Plantungan. Tanya saja orang sekitar sudah pada tahu arah ke Curug Jeglong. Medannya lumayan menantang, pada perjalanan awal melalui jalan aspal yang mulus hingga Desa Bendosari Platungan. Tapi menjelang lokasi jalannya kombinasi beton dan makadam.

Menurut pegiat Desa Wisata Bendosari, Jaka Setiawan, kelebihan dari Curug Jeglong adalah air terjunnya yang bertumpuk tiga. Dan pada tingkat yang kedua terdapat semacam kedung atau kolam yang airnya sangat bening. Begitu beningnya hingga membiaskan sedikit kebiruan.

"Kelebihan di Curug Jeglong ini, kita berada di pegunungan dengan alam yang indah. Kita sudah mulai buka sejak tahun 2014. Sebelumnya masih belum dikelola seperti sekarang," ungkapnya.
 
Ia menambahkan, banyak wisatawan yang bermain-main di kedung ini. Tapi harus diingat, di bagian tengah kedung tersebut punya kedalaman lebih dari 3 meter. Sehingga disarankan hanya bermain di tepiannya.
 
"Jadi ini kan air terjunnya berundak. Ada kolamnya juga di bawahnya, bisa untuk bermain-main. Kalau orang di sini istilahnya jeguran," kata Jaka.
 
Selain pesona air terjun, kawasan wisata alam ini juga punya pesona lain. Yaitu hutan pinus dan lembah yang luas di depannya.
 
(Air Terjun Berundak di Curug Jeglong Kabupaten Kendal Jawa Tengah)
 
 
Pemandangan alamnya begitu asri. Kombinasi hutan pinus dan suara khas air terjunnya sangat cocok bagi mereka yang ingin terapi healing di sini.
 
"Di hutan pinus Curug Jeglong itu juga terdapat areal yang kita buka untuk camping ground. Jadi mereka yang ingin bermalam di tempat terbuka kita ada lahan di dekat hutan pinus dan kita juga sediakan perlengkapan kemahnya juga dengan tarif sewa yang terjangkau," jelasnya.
 
Ia memberi tips, waktu paling pas ke Curug Jeglong adalah saat musim kemarau seperti sekarang ini. Karena airnya sangat jernih, dan bagi yang mau kemah juga cuacanya bagus. (tjs/ade)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
Viral