Kawasan Danau Rawa Pening di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Kualitas Air Danau Rawa Pening Rendah Akibat Pencemaran Limbah Domestik

Selasa, 2 Agustus 2022 - 17:24 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Danau Rawa Pening yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah dikenal sebagai salah satu danau alami yang manfaat airnya sangat dibutuhkan bagi masyarakat. 

Tidak hanya dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai sumber air pertanian dan karamba. Keberadaan Danau Rawa Pening juga dibutuhkan sebagai sumber energi bagi 2 PLTA dan bahan baku air PDAM.

Pentingnya keberadaan danau Rawa Pening sebagai penopang kehidupan masyarakat, membuat Pemerintah terus memantau kondisi danau Rawa Pening baik dari segi kualitas air maupun debit air danau Rawa Pening.

PT Jasa Tirta I, salah satu BUMN yang bertugas memonitor kualitas air danau Rawapening secara periodik mengungkapkan fakta bahwa kondisi air danau Rawa Pening saat ini cukup rendah akibat adanya pencemaran limbah domestik yang berasal dari kegiatan rumah tangga, pertanian hingga kegiatan ekonomi disekitar danau.

" Dari data yang kami punya saat ini kualitas air danau Rawa Pening cukup rendah. Hal ini dikarenakan Limbah domestik bisa berasal dari kegiatan rumah tangga dan intensifikasi perekonomian yang masif di sekitar danau Rawa Pening langsung masuk ke danau tanpa adanya pengolahan terlebih dahulu," ujar Direktur Utama PT Jasa Tirta I, Raymond Valiant Ruritan, Selasa(2/7/2022).

Limbah domestik yang dimaksud banyak dihasilkan dari limbah rumah tangga, industri, area wisata, limbah dari resort bahkan juga dari pemakaian pupuk nonorganik yang cukup berlebihan dan sebagainya.

Menurutnya, selama ini pihaknya cukup intens memantau kualitas air di 14 titik danau Rawa Pening secara periodik. Dari kegiatan itu dapat disimpulkan bahwa kualitas air danau ini tergolong rendah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral