Lansia di Semarang ikuti lomba mencuci bendera merah putih..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Momen Haru Barisan Lansia di Semarang Ikuti Upacara HUT Kemerdekaan di Atas Kursi Roda

Rabu, 17 Agustus 2022 - 23:11 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Cinta Negeri tak mengenal usia. Begitulah semangat yang dibawa para lansia penghuni Panti Wreda Pengayoman Kota Semarang, Jawa Tengah. Sebanyak 35 penghuni panti yang berusia 60 hingga 80 tahun lebih itu, semangat ikut upacara hari kemerdekaan ke 77 Republik Indonesia, meskipun mereka berada dalam barisan berkursi roda. 

Di jari tangan mereka yang sudah ringkih itu, terselip bendera merah putih kecil yang terus mereka ayunkan agar berkibar.

Saat pengibaran bendera utama dilaksanakan, para lansia pun memberi hormat dengan khidmat. Beberapa diantara mereka, bola matanya nampak menggenang air. Dan begitu lagu Indonesia Raya berkumandang, tak bisa dibendung lagi, air itu mengalir membasahi pipi yang sudah berkerut.

"Kenangan masa itu jelas hadir kembali. Saat itu saya masih belasan tahun tapi ikut menyaksikan bagaimana perjuangan rakyat waktu itu dalam mempertahankan kemerdekaan," ungkap Pak Puji (86), penghuni panti werda Pengayoman.

Pimpinan Unit Panti Wreda Pengayoman Slamet Basuki mengatakan kegiatan perayaan dan upacara kemerdekaan di panti tahun ini kembali digelar secara meriah setelah dua tahun lamanya tidak bisa dilakukan karena pandemi.

"Tahun ini kembali kita laksanakan. Kita bersyukur rangkaian acaranya berjalan lancar dan bisa membahagiakan para oma opa penghuni panti. Ada lomba, pergelaran seni, renungan, hingga upacara tadi," jelasnya, Rabu (17/8/2022).

Setelah upacara, para oma opa diajak bermain untuk melatih konsentrasi para lansia, seperti bowling, rolet berhadiah, hingga memancing.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:23
01:35
01:45
01:54
01:47
15:24
Viral