Kirab Merah Putih Kebhinekaan dalam rangka haul Sayid Sholeh Yasin Akbar bin Yahya digelar di Boyolali..
Sumber :
  • Tim tvOne - Agus Saptono

Kirab Bendera Merah Putih Sepanjang 165 Meter Meriahkan Haul Sayid Sholeh Yasin Akbar bin Yahya

Selasa, 23 Agustus 2022 - 17:59 WIB

Boyolali, Jawa TengahKirab Merah Putih Kebhinekaan dalam rangka Haul Sayid Sholeh Yasin Akbar bin Yahya digelar di lereng Gunung Merapi atau tepatnya di Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Selasa (23/8/2022). Kirab ini dimulai dari Balai Desa Sukabumi dan berakhir di kompleks Makam Gunungan, Desa Sukabumi.

Sejak pagi, ribuan masyarakat Sukabumi telah siap mengikuti kirab ini. Ada yang berpakaian petani, ada pula yang membawa tenong yang ditaruh di atas kepala. Selain itu, pula ada juga beberapa kesenian, group drum band, dan juga ratusan siswa yang membawa bendera.

Koordinator kegiatan, Suharno menjelaskan bahwa dengan menempuh jarak 1,5 kilometer, sekitar 2.000 masyarakat Desa Sukabumi akan berjalan dengan membawa 165 bendera merah putih serta mengarak bendera merah putih sepanjang 165 meter dengan lebar 1,5 meter. Kirab diakhiri dengan pengibaran bendera berukuran 5x7 meter yang diikuti oleh jajaran Forkopinda setempat.

“Sifatnya untuk merekatkan persatuan warga. Diharapkan Cepogo menjadi daerah yang religi dan untuk mengangkat ekonomi masyarakat di sekitar Cepogo,” katanya kepada awak media di lokasi.

Kirab diawali dengan pasukan pembawa bendera merah putih yang disusul dengan gunungan hasil bumi. Barisan di belakang terlihat membawa gunungan. Ada pula seni rodat, pesilat, drumband dan drumblek, serta kesenian reog. Terlihat pula ratusan tenong berisi aneka makanan yang akan dibagikan kepada masyarakat.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi yang baik dari Camat Cepogo, Waluyo Jati yang berkesempatan hadir dan mengikuti kirab. Menurut Waluyo, kegiatan tersebut benar benar dikemas secara meriah oleh masyarakat sekitar setelah dua tahun terkendala pandemi Covid-19.

“Intinya adalah memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus kita membangun kembali rasa persatuan dan kesatuan, persaudaraan, dan sekaligus mulai bangkit setelah kita Covid-19,” ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:24
01:09
02:47
02:23
01:31
03:15
Viral