Ratusan massa dari Persatuan Rakyat Penyelamat Karst Gombong mendatangi Gedung DPRD Kebumen, Senin (26/9/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Wahyu Kurniawan

Tuntut HGB PT Semen Gombong Dicabut, Ratusan Massa Grudug DPRD Kebumen

Senin, 26 September 2022 - 21:02 WIB

Kebumen, Jawa Tengah - Ratusan warga yang tergabung dalam Persatuan Rakyat Penyelamat Karst Gombong (PERPAG) mendatangi Kantor DPRD Kabupaten Kebumen, Senin (26/9/2022).

PERPAG menolak perpanjangan Hak Guna Bangunan (HGB) PT Semen Gombong dalam mengelola lahan di Kawasan Karst Gombong Selatan atau tepatnya berada di lima Desa, yakni Sikayu, Karangsari, Rogodono, Banyumudal, dan Desa Nogoraji, Kebumen.

Masyarakat khawatir jika nantinya HGB diperpanjang, PT Semen Gombong akan mencoba berusaha mendirikan pabrik semen dengan aktivitas tambangnya yang disebut bisa merusak lingkungan.

Sebaliknya PERPAG meminta agar lahan tersebut diserahkan kepada masyarakat untuk dikelola sebagai lahan pertanian atau persemakmuran.

"Maksud kedatangan kami menyuarakan apa yang menjadi keresahan masyarakat desa Sikayu dan sekitarnya soal ancaman pertambangan yang terus diupayakan oleh PT Semen Gombong," ujar Adi Budiawan seorang pengurus PERPAG disela-sela aksinya, Senin (26/9/2022).

Menurut Adi, sampai saat ini sejak 1997 lalu digagas, memang belum ada aktivitas tambang lantaran amdal pembangunan tidak keluar, dan dianggap bermasalah. Namun HGB masih berlaku, sehingga masyarakat resah.

"Kita minta BPN tidak memperpanjang HGB, dan mencabut izin pengelolaan lahannya. Khawatirnya kalau ini tidak dicabut atau dihentikan mereka akan mengajukan Amdal lagi, hal ini yang kita tolak," tegas Adi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:58
01:44
02:05
04:10
05:46
01:09
Viral