Siswa-siswi SD sedang berlatih gamelan..
Sumber :
  • Tim tvOne - Agus Saptono

Lestarikan Budaya Jawa, Sanggar di Boyolali Ajarkan Seni Budaya sejak Dini

Sabtu, 1 Oktober 2022 - 15:37 WIB

Boyolali, Jawa Tengah - Merawat tradisi budaya perlu dilakukan setiap orang atau kelompok agar tidak punah seiring perkembangan zaman. Sanggar Sedulur Keluarga Wartoyo Lovers (SKWL) Nusantara hadir sebagai salah satu wadah pelestarian budaya di Boyolali.

Meski tergolong baru, sanggar yang berada di Dusun Bulu, Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah ini berkomitmen untuk merawat serta menjaga seni dan budaya yang diwariskan leluhur. 

"Tujuan berdirinya sanggar ini untuk mengembangkan budaya Jawa, seperti karawitan, pedalangan, reog, seni tari, dan sebagainya. Sudah melalui proses legalitas sanggarnya," ujar Ki Gondo Wartoyo, pemilik dan pengajar Sanggar SKWL Nusantara, Sabtu (1/10/2022).

Ia mengatakan, pembelajaran seni dan budaya diberikan secara gratis bagi warga masyarakat yang berminat. Sejauh ini telah banyak yang mendaftarkan diri dan mayoritas merupakan anak-anak.

"Di sini, saya yang ngasih arahan atau mengajar teori. Guru didik anak-anak dari ISI Solo. Anak-anak dari ISI yang praktik, seperti Kangko Boyolali, Purbo Carito, pesinden Vika, dan lainnya," ujarnya. (Ags/Ard)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral