Petani di Desa Sidomulyo, Kabupaten Semarang merontokkan bulir padi seusai panen, Jumat (14/10/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Curah Hujan Tinggi, Petani di Kabupaten Semarang Resah Sawah Siap Panen Tergenang Banjir

Jumat, 14 Oktober 2022 - 10:57 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Curah hujan yang cukup tinggi di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah pada beberapa hari terakhir, menimbulkan keresahan tersendiri bagi para petani padi.

Para petani khawatir jika curah hujan cukup tinggi akan membuat sawah banjir dan padi siap panen kembali tergenang air.

Hal ini seperti yang diungkapkan Suwestiyono (66), petani dari Desa Bejalen, Kecamatan Ambarawa. Lokasi sawah yang berada di sekitar Danau Rawa Pening berpotensi tergenang air seiring masuknya musim hujan.

“ Situasinya sulit dengan adanya curah hujan tinggi disamping dengan adanya pengecoran di Pintu Air Tuntang menyebabkan padi tergenang." ungkap Suwestiyono, Jumat(14/10/2022).

"Karena curah hujan tinggi, kami harap pengelola proyek agar memberi tahu sebelumnya yang berkaitan dengan genangan. Apalagi saat ini masih panen, habisnya akhir Desember 2022,” lanjutnya.

Keresahan yang sama juga dirasakan petani di daerah Desa Sidomulyo, Kecamatan Ungaran Timur, Sumarjo (65), ia mengaku khawatir sawahnya tergenang jika curah hujan tinggi terus mengguyur wilayah Kecamatan Ungaran Timur.

" Hujan deras banyak dampaknya bagi area persawahan. Tak hanya sawah siap panen saja yang tergenang air. Tapi juga rawan terserang hama tikus dan walang sangit saat masuknya musim hujan," ujar Sumarjo.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:25
23:20
10:14
01:42
10:39
02:06
Viral