Sejumlah Rumah di Semarang Terendam Banjir dan Lumpur.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

Tanggul Kali Beringin Jebol, Ratusan Rumah Warga di Kelurahan Mangkang Wetan Semarang Terendam Banjir Lumpur

Senin, 7 November 2022 - 02:19 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Hujan deras yang melanda Kota Semarang sejak Minggu (6/11/2022) sore hingga malam, membuat sejumlah tempat dilanda banjir. Yang cukup besar terjadi di Kelurahan Mangkang Wetan, Kecamatan Tugu. Air bah menerjang pemukiman warga setelah tanggul Kali Beringin jebol.

Dari video yang dikirimkan staf BPBD Kota Semarang, tanggul yang jebon sudah terbuat dari material batu dan semen. Lebar yang jebol sekitar empat meter. Air yang meluap langsung mengenangi lapangan yang persis ada di samping tanggul. 

Hingga Minggu (6/11/2022) malam, air masih menggenangi rumah-rumah warga yang berada dekat lapangan di RT 8 RW 7 Kelurahan Mangkang Wetan. Tak hanya air, tapi banjir juga mengangkut lumpur yang membuat rumah warga kini dipenuhi lumpur setebal 20 hingga 30 sentimeter.

Warga yang tidak mengungsi berusaha mengamankan harta benda. Sementara warga yang rumahnya agak tinggi untuk sementara mengungsi di masjid maupun rumah saudara.

Staf kedaruratan BPBD Kota Semarang, Ady mengatakan, sampai saat ini puluhan personil BPBD dibantu relawan dari berbagai instasi masih berusaha melakukan upaya untuk menanggulangi dampak banjir. Antara lain mengungsikan warga terutama anak-anak, wanita dan lansia ke tempat yang lebih aman.

"Iya mas, tadi banjir dan tanggul jebol, ini kami sedang melakukan penanganan darurat," jelasnya, Minggu (6/11/2022).

Sementara itu, warga yang rumahnya kebanjiran mengungkapkan, air bah mulai menerjang deras selepas maghrib. Warga sebenarnya sudah bersiap menghadapi potensi banjir mengingat daerah ini menjadi langganan banjir dengan tipe air bah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:12
01:28
05:56
13:16
06:19
02:36
Viral