Salah satu peserta festival dalang bocah saat pentas, Minggu (6/11/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Agus Saptono

Peringati Hari Wayang Sedunia 7 November, 23 Dalang Cilik Unjuk Kebolehan di Festival Dalang Bocah

Senin, 7 November 2022 - 10:07 WIB

Boyolali, Jawa Tengah - Sebanyak 23 dalang cilik dari berbagai daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Juga Yogyakarta menampilkan kebolehannya dalam Festival Dalang Bocah yang  di selenggarakan oleh Sanggar Sedulur Keluarga Wartoyo Langgeng (SKWL) Nusantara di Dusun Bulu, Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (6/11/2022).

Festival dalang bocah yang digelar selama dua hari, yakni hari Sabtu dan Minggu 5 dan 6 November 2022 ini untuk memperingati Hari Wayang Sedunia yang diperingati setiap tanggal 7 November hari ini.
Festival diawali dengan kirab 35 wayang berukuran besar yang di bawa oleh siswa sanggar SKWL,  dan pertunjukan wayang singkat oleh dalang cilik Kondang Kalimasada.

Ki Gondo Wartoyo panitia sekaligus pemilik sanggar SKWL mengatakan, untuk festival ini di kuti oleh 23 peserta dan setiap peserta diberi waktu 35 menit untuk pentas.

“Peserta ada 23. Ada yang dari Pacitan jawa Timur, Madiun, Blora, Kaliwungu, dan juga eks Karesidenan Surakarta serta Yogyakarta,” katanya.

Lebih lanjut Wartoyo menjelaskan, Festival Dalang Bocah 2022 yang untuk pertama kali digelar oleh Sanggar Sedulur Ki Wartoyo Langgeng (SKWL) Nusantara Boyolali tersebut ditujukan untuk mengenalkan sejak dini seni wayang kulit kepada masyarakat, khususnya anak-anak.

“Kami berharap dengan digelar festival dalang bocah ini, seni budaya wayang semakin dicintai dan tetap di hati warga masyarakat, semakin berkembang dan jaya,” ucapnya.

Sementara salah satu peserta Dhanur Probo Kusumo, asal Wonogiri mengatakan, mengaku sangat senang dengan mengikuti festival dalang bocah ini dan dia  mengaku tdk ada persiapan khusus untuk mengikuti lomba.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral