Pameran Aneka produk inovatif mahasiswa UKSW Yang Masuk Dalam 7 klaster Kebutuhan Masyarakat..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Inovasi Produk Pangan dan Teknologi Karya Mahasiswa UKSW Salatiga, Bantu Tingkatkan Kualitas UMKM

Rabu, 23 November 2022 - 23:42 WIB

Salatiga, Jawa Tengah - Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga dari sejumlah fakultas menghadirkan sejumlah inovasi di berbagai bidang yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia.

Pengunjung yang hadir dapat menikmati berbagai produk inovasi yang terbagi dalam tujuh klaster yakni klaster pangan dan pertanian, klaster kesehatan, klaster energi dan lingkungan, klaster Artificial Intelegence, Internet of Things dan teknik, serta klaster edukasi, klaster pariwisata dan industri kreatif, serta klaster startup dan kewirausahaan.

Dari klaster pangan dan pertanian, salah satu produk yang ditampilkan adalah minuman serbuk dari daun tempuyung. Diolah oleh mahasiswa Program Studi (prodi) Teknik Pangan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UKSW. Produk ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan salah satunya adalah sebagai alternatif penghancur batu ginjal.

Masih di klaster yang sama, pengunjung juga dapat melihat secara langsung alat pengusir burung berbasis panel surya bernama "Nggusah".

Nggusah yang dibuat oleh mahasiswa dan laboran Fakultas Sains dan Matematika (FSM) UKSW dinobatkan menjadi produk inovasi terbaik kedua dalam ajang Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) Tingkat Kota Salatiga tahun 2022. 

Koordinator pameran Dr. Andreas Setiawan, menyebut dalam kegiatan ini juga dipamerkan peralatan penunjang laboratorium Biomolekuler UKSW, minyak gosok dan body lotion, kosmetika, biopolymer, laboratorium AioT AI Mining, sorting mesin, virtual tourism, masterplan wisata dan masih banyak lagi. 

" Melalui pameran ini pengunjung dapat melihat secara langsung inovasi yang berasal dari hasil penelitian peneliti UKSW maupun inovasi yang berasal dari pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat." jelas Andreas, Rabu(23/11/2022).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral