Jalani Prosesi Adat, Kaesang-Erina Pakai Busana Pengantin Dodotan Solo Basahan, Minggu (11/12/2022).
Sumber :
  • tim tvone/twguh joko sutrisno

Jalani Prosesi Adat, Kaesang Pangarep-Erina Gudono Pakai Busana Pengantin Dodotan Solo Basahan

Minggu, 11 Desember 2022 - 08:36 WIB

Solo, Jawa Tengah - Pasangan pengantin Kaesang Pangarep-Erina Gudono hari ini, Minggu (11/12/2022) menjalani prosesi adat ngunduh mantu di Loji Gandrung Kota Surakarta. Keduanya memakai busana adat yang disebut dodot Solo Basahan

Kaesang Pangarep tampak gagah dengan busana yang terbuka pada bagian atas sehingga menampakkan badannya yang kekar. Sementara Erina tampak cantik dan lembut dengan hiasan ronce melati pada sanggulnya. 

Di awal prosesi, keduanya berjalan ke gerbang masuk Loji Gandrung untuk menyambut kedatangan Ibu dari Erina yang juga mertua Kaesang beserta keluarga. Rombongan kemudian masuk menuju pendopo Loji Gandrung disambut orangtua Kaesang, Joko Widodo dan Iriana beserta keluarga.

Kemudian dua pengiring masing-masing keluarga salaing menyapa dengan tembang tradisional Jawa. Tradisi ini disebut tata cara pasrah panampi boyong temanten sekalian. 

Dilanjutkan tata cara adat gepyokan (adat Jawa ) dan minum air putih/air zam-zam. Kemudian memakaikan kain sindur kepada pengantin sekalian dan menuju pelaminan.

Setelah itu Kaesang-Erina mengaturkan sungkem kepada orang tua mereka. Tata cara ini disebut pangabekten/sungkeman. Dilanjutkan tata cara tumplak punjen (adat Jawa). 

Kemudian prosesi nyebar udik-udik yaitu menabur beras dan uang. Dilanjutkan begalan/membagi-bagikan perlengkapan rumah tangga dan lain-lain (adat Jawa). (tjs/ito)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:38
01:55
02:13
05:10
03:07
02:26
Viral