Sejumlah ruas jalan di Desa Prawoto, Sukolilo, Pati, ambrol, Jumat (16/12/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Diterjang Banjir Bandang, Jalan Alternatif Penghubung Pati-Kudus-Grobogan Ambrol

Jumat, 16 Desember 2022 - 23:17 WIB

Pati, Jawa Tengah - Hujan deras yang mengguyur pegunungan Kendeng di Pati Selatan menyebabkan banjir bandang menerjang Desa Pakem dan Prawoto, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Jumat (16/12/2022) sore. 

Kepala Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo, Hyro Fachrus mengatakan, banjir bandang setinggi satu meter tersebut berasal dari kawasan atas Pegunungan Kendeng. Air bah berwarna kecoklatan dengan arus deras menerjang pemukiman di Desa Pakem dan Prawoto Jumat sore sekitar pukul 15.30.

“Air yang datang dari atas (Pegunungan Kendeng) ketinggiannya seperut orang dewasa atau sekitar satu meter lebih, dengan arus yang deras,” kata Hyro Fachrus.

Akibat banjir bandang tersebut, ruas jalan alternatif penghubung Kabupaten Pati-Kudus-Grobogan di Dukuh Kampung Pesapen rusak parah tergerus arus banjir. Kondisi tanah di bawah jalan tergerus air sungai Kali Kedung yang berada di dekatnya.

“Jalan di Dukuh Kampung Pesapen ambrol dan hanya bisa dilalui sepeda motor saja. Hingga kini warga masih memantau perkembangan kondisinya karena dikawatirkan sewaktu waktu bisa ambrol. Untuk sementara mobil baik dari arah Desa Prawoto – Pakem maupun sebaliknya kami larang untuk melintas dan kami sarankan untuk memutar,” imbuhnya

“Kami telah berkoordinasi dengan Kepala Desa Pakem, Kecamatan Sukolilo agar warganya khususnya pengguna mobil untuk tak melintas di jalur tersebut. Sementara warga Desa kami kini masih berada di lokasi untuk berjaga-jaga dan memberikan penanda bahaya bagi pengendara yang melintas,” pungkasnya. (Arm/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral